Senin, Maret 30, 2009

VARIAN ESPRESSO PILIHANMU

VARIAN ESPRESSO

Apakah anda tahu kalau memesan un caffè (segelas kopi) di Italia berarti memesan secangkir espresso? :-)
Kalau single-shot/double-shot espresso kurang sesuai dengan selera anda, tidak usah khawatir. Ada banyak varian espresso yang didapat dari memodifikasi proses/waktu ekstraksinya. Berikut ini beberapa varian standarnya:

  • Single-Shot Espresso
  • Double-Shot Espresso
  • Ristrettodouble espresso
    Kalau normal (double-shot) espresso volumenya ± 60 ml, ristretto adalah ± 30 ml espresso yang didapat dari ekstraksi 14-18 gram bubuk kopi (sama dengan double-shot) dengan waktu 22-28 detik (juga sama dengan double-shot). Caranya dengan menggiling kopi lebih halus dari yang dipakai untuk double-shot, sehingga didapatkan lebih sedikit cairan dengan konsentrasi lebih tinggi. Espresso yang sempurna (god shot) lebih sering didapatkan dengan cara ini dibanding dengan cara lainnya.
  • Lungo (=long , atau panjang )
    Diperoleh dari 14-18 gram bubuk kopi (sama dengan double-shot) yang diekstraksi lebih panjang (bisa sampai 1 menit) sehingga menghasilkan 140-170 ml espresso. Meskipun ukuran penyajiannya hampir sama, tapi proses pembuatan dan karakter rasanya berbeda dengan:
  • Caffè Americano
    Diperoleh dengan cara mengekstrasi double-shot espresso ke atas ± 100 ml air panas. Karena espressonya tetap diekstraksi dengan cara normal, karakter rasanya sama dengan espresso yang normal, cuma dengan konsentrasi lebih rendah. Berbeda dengan lungo yang diekstraksi lebih panjang dari waktu ekstraksi normal (22-28 detik) sehingga rasanya cenderung lebih pahit. Americano di beberapa negara juga disebut:
  • Long Black
    Espresso+air panas, dengan perbandingan 1:1.

Karena merupakan minuman berkonsentrasi tinggi, espresso juga menjadi bahan yang sangat baik untuk dicampur dengan minuman lain (terutama susu) tanpa banyak kehilangan karakter asalnya. Beberapa varian yang terkenal:

  • Cappuccino
    Rumus tradisionalnya: 1/3 espresso + 1/3 susu yang telah dipanasi (steamed milk) + 1/3 busa susu (froth). Karena normal (double-shot) espresso = ± 60 ml, maka ukuran penyajian normal cappuccino adalah ± 60 * 3 = ± 180 ml. Seperti minuman berbasis espresso lain, cappuccino sebaiknya disajikan dalam gelas/cangkir keramik, karena keramik bisa menyimpan panas lebih baik daripada kaca atau bahan2 lain (apalagi gelas kertas, atau styrofoam). Di Italia, cappuccino biasanya diminum pada pagi hari ditemani makanan ringan.
    Dalam perkembangannya ada minuman yang disebut “Iced Cappuccino” yang dibuat dengan cara menambahkan es ke dalam espresso+susu, dilengkapi dengan froth di atasnya. Tapi minuman ini mempunyai cita rasa yang sangat berbeda dengan cappuccino yang asli, karena karakter espresso akan berubah bila didinginkan secara drastis (menggunakan es).
  • Caffè Lattelatte art twirl
    Atau sering disebut “latte” saja. Latte adalah bahasa Italia untuk “susu”. Jadi kalau anda pesan un latte di Italia, anda akan mendapat segelas susu. :-)
    Minuman ini dibuat dengan cara menambahkan steamed milk ke atas double-shot espresso, sampai volume totalnya mencapai 280-340 ml. Karena volume susu yang dituangkan lebih banyak, waktu tuangnya juga lebih panjang. Para barista menggunakannya untuk mengekspresikan diri mereka dengan latte art.
  • Caffè Mocha
    Mocha sebenarnya adalah nama dari salah satu varietas kopi yang berasal dari Yaman yang terasa seperti coklat, padahal dibuat tanpa menambahkan coklat sedikitpun. Terinspirasi dari hal itu, orang Amerika membuat minuman yang disebut Caffè Mocha; dengan cara menambahkan sirup coklat ke dalam Caffè Latte. Karena pertama kali dibuat di Amerika, Caffè Mocha tidak terlalu dikenal di Italia.
  • Espresso Macchiato
    Kata Macchiato kira2 berarti “ternoda” dalam bahasa Indonesia. Secara tradisional dibuat dengan cara menambahkan sedikit busa susu/foam ke atas espresso. Di beberapa coffee shop -termasuk Starbucks- pengertian Macchiato menjadi terbalik: yaitu menambahkan sedikit espresso ke atas susu yang sudah di-froth, di mana jumlah susu jauh lebih banyak dari espresso.
  • Espresso con Panna: Espresso ditambah whipped cream di atasnya.
  • Affogato: Espresso dituangkan ke atas es krim. Yummm..

Tidak ada komentar: